Selasa, 24 November 2009

Plus Minus Ujian Nasional dari Mata Seorang Siswa

selamat pagi/siang/sore/malam masyarakat Indonesia!
melalui posting kali ini saya akan menceritakan pendapat saya mengenai nilai positif dan negatif dari ujian nasional atau UN yang dijadikan pemerintah sebagai tolak ukur kelulusan siswa dalam jenjang pendidkan SD, SMP, dan SMA.

Okay, langsung aja lah gan!
Dampak Postif nya menurut saya adalah ujian Nasional bisa menjadi acuan semangat siswa untuk belajar. Karena, dengan adanya Ujian Nasional siswa akan merasa takut tidak lulus SMP sehingga mereka bisa lebih giat belajar. Tetapi, kebanyakan dari mereka hanya semangat dalam pelajaran2 yang di UN kan saja yaiut Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Sedangkan pelajaran seperti Agama Islam, PKn, IPS, TIK dan yang lainnya seperti di nomor duakan, padahal pelajarn2 tersebut sama pentingnya. Lalu, sisi negatif UN adalah membuang-buang uang. Ya, jika seorang anak sudah mencapai kelas 9 SMP maka sang orangtua tercinta akan mendaftarkan sang anak ke berbagai macam tempat belajar bimbel, les privat dirumah dll. Ini membuat pengeluaran mereka menjadi bertambah dan bisa membagi konsentrasi belajar antara sekolah dan di tempat les (untuk selengkapnya bisa ditanyakan). Trus apalagi ya? Oeya, dengan banyaknya tambahan pelajaran dapat mebuat siswa kecapean dan jatuh sakit haha. Tetapi ini bisa dicegah dengan makan makanan yang bergizi dan berolahraga secara teratur. Terus dampak positif lainnya adalah....

HAHAHA, gatau dah banyakan negatif nya deh. hehe. yaitu membuat UN diagung-agunkan maksudnya adalah 4 hari UN bersenjatakan Pensil 2B dan Penghapus Karet sangat menentukan perjuangan kita selama 3 tahun bercelana warna biru (bahasanya?) jadikan percuma belajar 3 tahun cape-cape cuma ditentuin dengan 4 hari dan 4 mata pelajaran saja. Oiya positif nya UN adalah bisa menjadi dasar pemerintah untuk mengukur dimana tingkat kecerdasan pemuda2 di Indonesia (bahsanya) jadi pemerintah bisa ngukur npinteran murid di Indonesia ato di luar negeri.

Yaudah, segitu aja elah. Sebenernya saya lebih banyak kontra nya dengan Ujian Nasional. tetapi terlepas dari itu semoga postingan kali ini bisa memberikan manfaat bagi siswa2, guru2 juiga pemerintah Indonesia untuk menciptakan Pendidikan yang lebih baik.


Sekian dan Terimakasih

1 komentar: